Minggu, 22 April 2012

SISWA MAGANG / PKL DARI SEKOLAH YAND DIANGGAP TIDAK BERMANFAAT

Sudah Hampir 3 (Tiga) tahun ini kami  menerima anak sekolah (SMK) untuk Magang / PKL di divisi Teknologi Informasi. dengan tujuan memberikan pengalaman, wawasan, ilmu bidang terkait yang berhubungan dengan dunia informasi teknologi.
Rata-rata mereka magang atau pkl sekitar 1(satu) sampai 2 (bulan) setelah itu kembali kesekolahnya. setelah kembali kesekolahnya tentunya harapan kami dari divisi it mereka sudah mempunyai pengalaman untuk bisa diuji kompetensinya
tapi sayang niat baik kami tidak selamanya di respon baik karena issue yang berkembang saat ini anak-anak yang Magang / PKL di divisi it kerjanya hanya mondar-mandir kekantin, bermain internet dan hal-hal lain yang tidak bermanfaat.
perlu kami jelaskan disini apa saja yang dilakukan oleh anak-anak Magang / PKL dan Prosedure penerimaan anak-anak Magang / PKL adalah :

  1. Ada surat permintaan dari sekolah bahwa anak-anak  didiknya akan magang di divisi it 
  2. Kami membalas surat tersebut apakah permintaanya diterima atau tidak karena keterbatasan ruangan kami tidak selalu menerima seluruhnya contoh : kadang sekolah mengirim sekitar 10 (sepuluh) orang Untuk magang tapi kami hanya menerima 5(lima) orang saja karena keterbatasan ruangan kami
  3. Setelah itu Siswa-siswa yang magang datang untuk Magang / PKL sesuai aturan yang berlaku di instansi kami
  4. Pada awalnya mereka semua kami latih sesuai jurusannya masing-masing Networking,  Maintenence, Trouble Shooting dan lain-lain.
  5. Setelah mereka kami anggap mampu atau menguasi maka mereka kami ajak ke unit-unit kerja kami baik itu rumah sakit, sekolah atau unit usaha lain
  6. Perkembangan mereka kami pantau untuk mengetahui kemampuannya bertambah atau tidak dengan cara memberikan tes-tes tertulis ataupun praktek. 
  7. Pada akhir masa Magang/PKL  mereka juga kami test yang kemudian kami memberikan penilaian dalam bentuk sertifikat.
kami berprinsip bagaimana mengelola batu menjadi emas artinya walapun awalnya mempunyai pengetahuan yang minim tapi setelah mereka  magang di divisi it diharapkan kemampuannya bertambah dan bisa dikembangkan.
tentunya ini semua bisa berhasil dengan adanya kerjasama semua pihak.. artinya jika memang ada dari mereka yang bermain di kantin tolong laporkan ke kami tentunya kami akan menegurnya. mereka semua dalam pengawasan dan bimbingan kami. selama jam kerja mereka tidak kami ijinkan keluar baik itu ke kantin tapi jika ada dari rekan-rekan kerja sekalian yang menemukan mereka tolong di laporkan tentunya kami akan memperosesnya.
kerjasama rekan-rekan sekalin sangat kami harapkan. Terimakasih

Siswa PKL dari Yadika Ciledug (almamater biru) dengan tim divisi IT
PKL
Siswa SMK yang sedang magang sedang diberikan pelatihan oleh salah seorang staff IT

Staff IT sedang memperbaiki Laptop

PKL
Siswa Magang sedang mencoba memperbaiki Printer dibawah bimbingan staff  IT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar